Yes Im here!!

Hoadooh, lama banget gak update blog! Sibukkah saya? Lariskah toko saya? hehehe…

Jawabannya relatif semua! Sibuk? Alhamdulillah masih dikasih kesibukan hingga rasanya 24jam itu kurang. Laris?? Dibilang laris banget ya engga, dibilang sepi ya engga. Alhamdulillaaaah ada aja rejeki mengalir. Alhamdulillah wa syukurillah. Naik turun dalam bisnis sangatlah biasa kaan?? Begitu juga usaha saya. Naik turun jumlah omset ternyata tidak membuat jiwa saya gentar.

 

Oh ya, mau cerita sedikit ya, sejak trimester terakhir tahun lalu, harga kapas dunia menggilaa!! Ya, naiiiiiiikk terus sampai bikin pusing dunia pertekstilan. Bisa dibaca beritanya disini. Loh trus apa hubungannya dengan bisnis saya? Yaa, seperti yang pernah saya ceritakan, produk paling monceer di jualan saya adalah handuk, handuk trbuat dari apa? yes, benang. Benang terbuat dari apa? yes benar lagi, kapas. Jadi, sudah pasti jualan saya berimbas karena kenaikan harga kapas dunia. Harga naiiiiik terus dan membuat pasar lesu. Hihihi rasanya lebay yaa, urusan harga di seluruh dunia bisa berimbas di bisnis mikro seperti saya ini. Lalu, apa saya terus jadi gentar, mundur? Oh tentu tidak. Seseorang yang sudah terjun di bisnis, ga akan ada kata menyerah, tetap semangat!! ah ini mah lebay juga ya? Hehe gak juga sih, handuk naik terus harganya, tapi bisa mencari peluang lain kan? Benar atau benar??

 

Jadilah saya mulai dari 0 lagi, mencari dan mencoba, trial dan error, pasang produk baru, pajang, lihat respon dsb dsb. Gak sedikit barang-barang yang cuma bertahan mejeng di toko cuma sebulan, habis trus gak ada lagi barangnya hehehe. Tak apa, saya memang sedang belajar. Dan saat ini bisnis yang lagi rame adalah tas souvenir ulang tahun! Jumlah anak di dunia makin bertambah, dan mereka tiap tahun ultah, at least sampai umur 5tahun masih dirayakan 🙂 jadilah saya rasa konsumen produk pernak pernik ultah ini gak ada matinya. Dan alhamdulillah saya sudah nemu supplier, pabrik tas yang bagus dan koordinatif pula pemiliknya.

 

Anda mau lihat koleksi goodiebag saya? Silahkan mampir ke sini yaa

 

 

Advertisements

Cerita Reseller (2)

Kali ini saya mau cerita reseller saya dari Bandung. Lucu deh si mbak asal Bandung ini, semangat 45 jualan dan semangat nawarnya juga pantang menyerah! Hehehe. Singkat cerita, beliau membeli 2lusin handuk ponco, handuk glitter, dan handuk karakter. Eh beberapa minggu kemudian, pesen lagi super buanyak! Penasaran saya tanya jualan dimana bisa sampai banyak gitu? Ternyata beliau jualan di kolam renang! Wawwwww plok-plok-plok.. Good point! Langsung menuju sasaran!
Kolam renang isinya:
– anak-anak
– pasti butuh handuk
– pas banget handuk ponconya dijual disana, dipakai saat jeda mau makan atau apalah yg jelas belum mau ganti baju tp naik ke pinggiran (jadi gak dingin kan?) Hehehe.

Bahkan beliau jadi ditanya sama seorang yang punya kursus berenang, apakah punya handuk ponco polos untuk dibordir nama tempat kursusnya? Wooooww.. Peluang lagi kan?

Dalam waktu dekat saya sedang mencari konveksi untuk bikin handuk ponco polos untuk keperluan2 lain, bisa dibikin custom kan malahan? 🙂

Salam semangat!

Ida

Update Omset Maret 2010

Hihihi..

Da, tanggal berapa neeeeh!! Udah tengah April gini baru update! Hehe..  Sekedar mengingatkan diri sendiri. Yah ternyata ya, selama sebulan terakhir ini heboh hebih bangeeddd!! Semuanya bener-bener membuat saya amazed! Gila nih jualan barang karakter (baru handuk loh) aja laku berat. Ternyata memang dunia anak-anak itu penuh dipengaruhi tontonan, idola, hero, admirer! hihihi.

Loh.. loh malah gak nyambung sama judulnya. Yep, mau cerita dikit aja ya, awal bulan Maret, nargetin omset sebesar 10juta aja. Eh lha kok ternyata, omset saya sepanjang bulan Maret malah mencapai 2 kali lipatnya! Huaaaaaaaaaa…..!! Seneng? Iya dooongg jelass! Gempor? jelas jugaaa! Gimana ngga gempor kalo semuanya dikerjakan sendiri. Mulai foto product, update ke multiply, promosi, terima pesenan, sampai packing! Walah-walah.. serakah sekali kamu Da? Habis mau gimana? suami belum sepenuhnya bisa bantuin, pembantu? duh, saya belum mampu ngajarin dia ini itu, takut salah, secara kalo salah dikit larinya ke performance toko. Nah kalo salah kirim? salah packing? bisa-bisa saya dikomplain pelanggan. Nantilah, pasti ada pendelegasian ke art saya untuk tugas-tugas tertentu. Sementara dia menjadi kurir kami, ngantar paket ke JNE! Hihihi..

Overall, saya puas dengan hasil ini. Bulan ini targetnya omset bisa menyamai bulan kemarin. Optimis sih, karena bulan ini ada model baru keluar. yippiiieeeee!!

Ida Rifai

owner of http://tokoultah.com

Cerita Reseller [1]

Ada cerita menarik dibalik lakunya handuk-handuk yang saya jual. Yach, tidak dipungkiri, handuk ini sudah mencetak penghasilan yang lumayan buat para reseller tercinta saya. Ada salah satu reseller saya yang berdomisili di Tangerang dan berkantor di Jakarta Pusat. Awalnya beliau menanyakan soal kaos, lalu berminat menjadi reseller kaos, yah karena tidak ada stok, saya coba tawari handuk ponco dan handuk karakter. Awalnya beliau ini ragu, “yach mba, handuk kan udah banyak di ITC-ITC, ngga laku ahh” katanya. Saya jawab “Siapa bilang engga laku mba? Saya aja bisa ngabisin 7 lusin dalam 3 hari saja loh”. Beliau hanya menjawab “waaawww”.

Singkat kata, beliau pun order 1 lusin untuk percobaan. Lalu kami janjian bertemu untuk antar barang dan memang kebetulan rute tempat bertemunya kami lewati, ya sudah ngga masalah. Kami cuma bertemu sebentar, hanya melakukan transaksi di lobby ITC Permata Hijau hehehe.

Eh Senin siang, beliau kembali YM saya, “mbak, nanti saya kerumah ambil 2 lusin yaaa!”. “Siaaaapp mbaak” kata saya (udah pede soalnya baru nyetok 20lusin! xixixi. Sore sekitar jam 6an beliau mampir dan ambil 2 lusin. Eh 2 hari kemudian, sms lagi “mbak saya mau kerumah lagi ambil 1 lusin”. Glek! Hebat ni si mbak reseller dalam hati saya. Eh besokannya lagi, dia laporan lagi.. “mbak, saya pengen ambil lagi tapi modal saya habis, biasa di kantor bayarnya pas gajian semua mbak, hehe”. Ngga papa mbak, permulaan yang bagus banget lhoo buat mbak yang mau mulai usaha. Kapan aja mbak datang saya siap barang banyak hehe. Keesokan harinya beliau sms lagi “mbak, jangan bosen ketemu saya ya, mau kerumah lagi”.. Huaaaaa mbaaakk saya mah anti boseeeen sama mbak yang hebat iniiii.. hehehe…

Total dalam seminggu beliau sudah menjual 5lusin! Wowww… Standing applauss!! Dengan keuntungan mencapai 25% sungguh tambahan penghasilan yang lumayan bangeeett!!

Masih banyak cerita fantastis lainnya yang membuat saya takjub, hampir ngga percaya, terharu pengen nangis! Ya Allah, rasanya sudah kau tunjukkan kepadaku cara menjemput rejekimu. Terima kasih Allah, karena dengan usahaku sekarang ternyata bisa membantu banyak orang. Alhamdulillah

Ida Rifai
Owner of Ardani Collections dan Toko Ultah
Bisnis yang sudah kubangun 3 tahun akhirnya ada titik cerah

Berbisnis dengan tetangga

Suatu hari ada tetangga saya yang main ke rumah. Awalnya cuma tanya kapan mau pesen susu lagi? Yah, secara rutin memang saya beli susu UHT ke distributor susu cair. Mayanlah dapat harga distributor, nah si tetangga ini pernah nitip beli juga. Kunjungan beliau ke rumah saya ngga saya sia-siakan. Saya tawari untuk beli handuk-handuk saya. Awal rsaya keluarin handuk Terry Palmer, berminat. Trus lanjut lagi handuk karakter dan handuk ponco. Trus lanjut ke transaksi hehe, beliau tertarik dan membeli 2 buah ponco dan 1 buah handuk karakter ukuran besar. Alhamdulillah..

Ngga berapa lama, si Ibu tetangga ini chat saya, “Bu, aku mau beli ponco kecil selusin, besar selusin, handuk karakter yang besar selusin”. Wuihh.. !! Siap Buuu!! Untung saat itu masih ada stok. Segera saya siapkan dan antar ke rumahnya. Itung-itungan dan lumayan nambahin modal saya hehe. Ternyata dia baru pasang gambarnya doang di grup bbmnya langsung laku 5pcs! Gampangnyaa!! Beliau pun jadi semangat ngejual. Ngga nyangka juga, beliau ini dari kalangan orang berada, berkecukupan, kok ya masih mau aja jual-jualin barang beginian. Hehehe.. Memang ya, jualan itu bisa dilakukan siapa aja! Ngga usah nungguin kepepet ngga punya duit pun juga kalo emang udah niat cari uang ya ada aja kok jalannya. Tul ngga?

Sehari setelah transaksi lumayan besar itu beliau kembali bbm saya, “Bu, aku mau Terry Palmernya setengah lusin”. Siap lagi Buuu….!! Hehe..

2 hari kemudian beliau kembali ke rumah saya. “Terry Palmernya ada lagi ngga? Mau lagi dong 1/2 lusin”. Glek! Cepat sekali beliau ini masarin dagangannya. Emang dasar orangnya yang supel, jadi gampang aja dapet pembeli.

Intinya, ngga perlu malu kalo mau mulai jualan! Kita cari duit halal kan? kenapa malu? Kalo ngga mulai-mulai juga gak bakal ngerasain hebohnya, dahsyatnya cari uang dari hasil kerja payah sendiri, orisinal dari ide, usaha kita sendiri. Kalo ikut perusahaan kan ada job descnya kan ya.. Nah kalo ini job desc kita yang atur sendiri… berjuta rasanya dehh..

Ida Rifai

Ardani Collections

Toko Ultah

Restock

Melihat hasil penjualan minggu lalu yang beli 7lusin habis dalam 3 hari saja, Sabtu lalu nekat! yak, bener-bener nekat! Menguras habis modal buat belanja banyak sekaligus, pikir-pikir hampir tiap minggu weekend selalu digunakan buat kulakan, kapan liburannya? hikshiks.

STOK 20 LUSIN

Akhirnya Sabtu kemarin kami nyetok 20lusin handuk ponco sekaligus, dan senangnya, thanks to Blackberry yang memudahkan saya komunikasi dengan supplier. Negosiasi harga untuk 20lusin saya lakukan via Blackberry Messenger. Hihihi. Alhamdulillah saya bisa dapat harga lebih murah lagi dengan pengambilan 20lusin sekaligus!

Moga-moga tetep lancar, dari 20lusin udah berkurang 6lusin! Cepet banget! Barang unik gini tak disangka laku sekali di pasaran. Seneng campur semangat! Positif thinking! Senennnggg banget!

Ida Rifai

Lapak di Ardani Collections dan Toko Ultah

Papa Jualan

Yup! Si Papa jualan!
Jualan dimana?
Di kantor laa.. 🙂
Tadinya yaa si Papa ini bener-bener ngga mau disuruh jualan di kantor, alesannya malu! Yah emang ya jualan itu membutuhkan nyali dan mental yang tinggi! Eh kok yaa tau-tau pagi ini bilang, “sini handuk ponconya takjual di kantor!”. “Serius Pa?” tanya saya. “Iyaaa!!”. Senennnggg banget. Hari ini Papa bawa selusin ponco kecil dan selusin ponco besar. Siang ini saya tanya gimana dagangannya laku ngga? Eh tak disangka, udah laku 10 biji! Gleks.. surpriseee!! Hebaat si Papa!

Ternyata emang mudah jualan, ngga sesulit yang dibayangkan, apalagi handuk ponco ini unik banget, warnanya menarik, jadi orang-orang tua pasti ngences ngencess pengen beliin anaknya!

Anda mau jualan juga? Boleeeeh.. Dijamin laku dan bisa untung gede!

Silakan lihat katalognya diSINI